NEWS
DETAILS
Rabu, 05 May 2021 10:15 - Tunas Honda Community

Masih banyak pengendara khususnya pelajar yang tidak peduli akan keselamatan berkendara. Kebanyakan kecelakaan dijalan disebabkan oleh pengendara yang masih dibawah umur karena minimnya pengetahuan tentang Safety Riding. Terutama siswa SMK/SMA yang umumnya sudah diperbolehkan mengendarai sepeda motor. Meskipun mereka belum cukup umur untuk mendapat izin mengendarai sepeda motor,mereka tetap nekat dengan alasan jarak rumah yang jauh dari sekolah.

Oleh karena itu, hari Selasa(27/04/2021) SMKN 8 Bandar Lampung mengadakan kegiatan penyuluhan untuk siswa yang membawa sepeda motor. Kegiatan ini diadakan oleh Tunas Honda lampung secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom.

Acara diawali dengan sambutan bapak Hj. Dewi Ningsih, S.Pd,.M.Pd. selaku kepala sekolah dan dilanjutkan dengan kuis menarik untuk peserta sebagai pembakar semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Acara berlangsung selama 1 jam dan diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari pemberian materi Safety Riding, kuis online, pertanyaan tentang aman berkendara, dan kegiatan-kegiatan lain yang tentu nya menarik untuk diikuti.

Safety Riding adalah kegiatan aman dan nyaman saat berkendara untuk pengendara dan pengguna jalan lain. Jadi, seorang pengendara harus memperhatikan keamanan diri sendiri saat berkendara dan juga kenyamanan pengguna jalan lain. Meskipun masih dibawah umur, seorang pengendara harus tetap memperhatikan keamanan saat berkendara.

Seseorang sudah aman saat berkendara bisa dilihat dari kelengkapan atribut yang dipakai, kondisi fisik dan mental orang tersebut, dan juga kondisi kendaraannya. Kelengkapan atribut pengendara yaitu helm,sarung tangan,dan juga sepatu. kondisi fisik dan mental seseorang adalah kondisi sadar tidak terpengaruh obat obatan yang bisa menyebabkan kantuk saat berkendara. Selain itu, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraannya harus sesuai dengan standar yang ada misalnya kaca spion harus ada dua, rem sepeda harus berfungsi semuanya, dan juga kendaraan tidak di modifikasi yang menyebabkan beberapa onderdil tidak berfungsi lagi.
Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mengetahui keunggulan sepeda motor Honda baik dari teknologi maupun fitur keselamatan yang terpasang di motor agar mengerti pentingnya Safety Riding.

Dari pengamatan Tim Safety Riding Honda, beberapa siswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan tidak menutup kemungkinan ada beberapa siswa pula yang terlihat bosan karena tidak tertarik dengan materinya. Siswa yang antusias terlihat dari keaktifan bertanya. Selain itu, ada hadiah khusus untuk siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.

Di akhir acara, dengan momen bulan suci ramadhan ini tim safety riding Tunas Honda Lampung tetap mengingatkan untuk selalu tertib berlalu lintas serta wajib #cari_aman dulu sebelum cari pahala.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK